Rabu, 13 Agustus 2014

Budaya, Makanan, Ciri khas tentang kota Jombang

Saya tinggal di kota BERIMAN (Bersih Indah dan Nyaman). Ada yang tau motto kota tersebut?
Jombang merupakan sebuah Kabupaten di Provinsi Jawa Timur yang terletak di sebelah timur Kabupaten Mojokerto, utara Kabupaten Lamongan, barat Kabupaten Nganjuk dan selatan Kabupaten Kediri. Kabupaten Jombang memiliki banyak aset yang menarik untuk dikunjungi dan dicoba. Berbagai budaya, makanan, ciri khas terdapat di Kabupaten Jombang.
Berikut sekilas tentang budaya Jombang. Jombang memiliki berbagai budaya termasuk cara berbicara yang berbeda-beda dan juga memiliki berbagai kesenian rakyat seperti : besutan, ludruk, jaran kepang dor, hadrah, kentrung, sandur, wayang krucil, wayang topeng, wayang kulit dan sebagainya.
Disamping itu Kabupaten Jombang juga memiliki berbagai macam makanan khas, diantranya : nasi kikil, nasi pecel ndeso, soto dokk, kue gupal, jenang ketan, wajik kletik, madu mangsa, tahu gloria. Kabupaten Jombang juga memiliki ciri khas yang berbeda dari daerah lainnya, yaitu pondok pesantrennya. Di kota ini banyak pondok pesantren diantaranya ponpes tebuireng (tempat gus dur dimakamkan), ponpes tambakberas, ponpes darul ulum, ponpes denanyar dan masih banyak lagi ponpes kecil di kota ini. Oleh karenanya  tak heran jika Kota Jombang mendapat julukan sebagai kota santri.
2014-07-09-13-38-40-1311270211


Sumber : http://ikaayudyanti19.wordpress.com/2014/07/09/sekilas-tentang-jombang/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar